Minggu, 29 Juni 2014

Penggolongan Tulisan



mAKALAH
PENGGOLONGAN TULISAN
Dosen Pembimbing
Diana Maya Sari, S.Pd

Description: images.jpg

DISUSUN OLEH
KELOMPOK 8
1.      AFI KHUSAMUDDIN (136788)
2.      AHMAD BUSTOMI YAHYA (136790)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 2013 A
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
2014


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah membimbing penulis  menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan dan petunjuknya, penyusun tidak akan menyelesaikan makalah ini dengan penuh kelancaran.
Makalah ini penulis susun agar pembaca dapat memahami tentang penggolongan tulisan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat memberi wawasan dan pemahaman yang luas kepada pembaca.
Penyusun menyadari makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, sehingga kami masih  mengharap kritik dan saran dari para pembaca.


Penyusun






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL......................................................................................................     i
KATA PENGANTAR ...................................................................................................     ii
DAFTAR ISI .................................................................................................................     iii
BAB I             :           PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang..........................................................................................................     1
B.  Rumusan Masalah ....................................................................................................     1
C.  Tujuan ........................................................................................ .............................     1
D.  Manfaat……….. ......................................................................................................     1
BAB II            :           KERANGKA TEORI
A.  Peggolongan Tulisan Berdasarkan Bentuk…………………………………...……    3
B.  Peggolongan Tulisan Berdasarkan Ragam…………………………………..…..    3
C.  Peggolongan Tulisan Berdasarkan Jenis………………………………………...….   3
D.  Peggolongan Tulisan Berdasarkan Rumpun……………………………………….    5
E.   Peggolongan Tulisan Berdasarkan Ragam Macam………………………………...   6
BAB III          :           PENUTUP
A. SIMPULAN .............................................................................................................   7

DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Tulisan merupakan suatu hasil perwujudan ide dari seorang penulis. Ide sebelum ditransformasikan menjadi suatu tulisan, terlebih dulu diolah secara matang berdasarkan kriteria-kriteria golongan tulisan yang akan dihasilkan.
      Suatu tulisan dapat dikategorikan pada golongan tertentu apabila telah memenuhi kriteria-kriteria sesuai golongan tersebut.  Setiap golongan tulisan memiliki perbedaan pada tiap detailnya. Perbedaan ini yang menjadi dasar penggolongan tulisan yang ada.
Pemahaman tentang penggolongan tulisan, sangat diperlukan seorang penulis sebelum ia mewujudkan ide-idenya ke dalam sebuah tulisan. Membuat tulisan dapat diperoleh dengan banyak membaca, berlatih, bekerja keras, pantang menyerah dan membisakan diri serta belajar langsung kepada penulis-penulis ahli yang tentunya memiliki pengalaman lebih banyak.

B.     Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang diajukan adalah sebagai berikut.
1.      Bagaimana penggolongan bentuk berdasarkan bentuk?
2.      Bagaimana penggolongan bentuk berdasarkan ragam?
3.      Bagaimana penggolongan bentuk berdasarkan jenis?
4.      Bagaimana penggolongan bentuk berdasarkan rumpun?
5.      Bagaimana penggolongan bentuk berdasarkan macam?

C.     Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Menulis Bahasa.

D.    Manfaat
Manfaat dibuatnya makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Mengetahui penggolongan bentuk berdasarkan bentuk.
2.      Mengetahui penggolongan bentuk berdasarkan ragam.
3.      Mengetahui penggolongan bentuk berdasarkan jenis.
4.      Mengetahui penggolongan bentuk berdasarkan rumpun.
5.      Mengetahui penggolongan bentuk berdasarkan macam.











BAB II
KERANGKA TEORI
Penggolongan tulisan banyak yang dikenal. Penggolongan tersebut sangat dipengaruhi oleh yang mengemukakan, kepentingan dan dasarannya. Menurut The Liang Gie (2002), penggolongan tulisan dapat didasarkan pada bentuk, ragam, jenis, rumpun dan macam. Nurudin, (2010:50).
A.       Peggolongan tulisan berdasarkan bentuk
Menurut The Liang Gie, penggolongan tulisan menurut bentuk meliputi cerita, lukisan, paparan dan argumentasi. Namun bias juga ditambah dengan persuasi. Alasannya, persuasi juga merupakan bentuk yang mempunyai cirri, kepentingan dan tujuannya sendiri disamping keempatnya yang lain. Iklan merupakan bentuk tulisan persuasi yang mempunyai cirri tersendiri. Dengan demikian, didasarlkan pada bentuk, tulisan terdiri dari cerita (narasi), lukisan (deskripsi), paparan (eksposisi), argumentasi (pendapat) dan persuasi. Nurudin (2010:50).

B.                   Penggolongan menurut ragam
Penggolongan tulisan berdasarkan ragam di bagi menjadi dua yaitu tulisan faktawi dan tulisan khayali. Tulisan faktawi adalah tulisan yang diolah berdasarkan fakta-fakta yang ada. Dengan kata lain, tulisan yang dihasilkan bukan karena rekayasa seseorang.  Ia juga bukan cerita bohongyang sengaja dibuat untuk cerita tertentu. Fakta ini sering disebut dengan unsure 5W+1H (who, where, when, what, why dan how) dalam jurnalistik.
Sementara itu, tulisan khayali adalah tulisan yang tidak menuntut adanya fakta-fakta seperti ragam tulisan faktawi. Tulisan ini lebih didasarkan pada daya imajinasi seseorang penulis. Jadi, penulis diberikan kewenangan penuh untuk menulis apa saja yang ia kehendaki. Nurudin (2010:52).

C.       Penggolongan tulisan berdasarkan jenis
Penggolongan tulisan berdasarkan jenis merupakan pecahan dari ragam tulisan. Ragam tulisan faktawi memunculkan dua jenis tulisan yaitu tulisan ilmiah dan tulisan informatif. Sedangkan ragam tulisan khayali juga memunculkan dua jenis tulisan yaitu prosa dan puisi.
     Tulisan ilmiah adalah tulisan yang selam ini dilakukan dikalangan ilmuan atau sivitas akademika (tulisan kependidikan dan penelitian). Bisa juga dilakukan oleh kebanyakan orang, hanya dasar-dasar, sistematika dan penyusunannya memakai kaidah ilmiah yang sudah digariskan.
     Tulisan ilmiah cenderung kaku karena harus memakai format tertentu. Ia tidak bias ditulis menurut kehendak penulisnya. Dukungan literature, dat cukup dan analisis, biasa menyertai tulisan ilmiah.
     Sementara itu, tulisan informatif adalah tulisan yang tujuan utamanya memberikan informasi sebuah peristiwa atau kejadian (laporan). Tulisan ini biasa melekat pada media massa(cetak dan elektronik). Tulisan dibuat semaksimal mungkin agar mudah dipahami pembaca, pendengar dan penontonya. Tulisan ini umumnya menggunakan bahasa populer dan tidak kaku seperti tulisan ilmiah, namun masih tetap menggunakan kaidah tertentu.
     Tulisan informative bias juga berupa ulasan. Ulasan adalah komentar tentang suatu kejadian dengan melihatnya dari sudut pandang tertentu. Nurudin (2010:53).



















D.       Penggolongan tulisan berdasarkan rumpun
     Penggolongan tulisan berdasarkan jenis memunculkan penggolongan tulisan berdasarkan rumpun. Penggolongan tulisan ini dipetakan sebagai berikut.
                                                                                                    Rumpun Tulisan








E.     Penggolongan tulisan berdasarkan berdasarkan macam
Penggolongan tulisan berdasarkan  macam dipetakan sebagai berikut.
Jenis Tulisan                Macam Tulisan                        Rumpun Tulisan
Nurudin (2010:56).








BAB III
PENUTUP
Simpulan
            Penggolongan tulisan berdasarkan bentuk  terdiri dari cerita (narasi), lukisan (deskripsi), paparan (eksposisi), argumentasi (pendapat) dan persuasi.
            Penggolongan tulisan berdasarkan ragam di bagi menjadi dua yaitu tulisan faktawi dan tulisan khayali. Tulisan faktawi adalah tulisan yang diolah berdasarkan fakta-fakta. Sedangkan tulisan khayali adalah tulisan yang tidak menuntut adanya fakta-fakta
            Penggolongan tulisan berdasarkan jenis terdiri dari dua jenis tulisan yaitu tulisan ilmiah dan tulisan informatif. Tulisan ilmiah adalah tulisan yang selam ini dilakukan dikalangan ilmuan atau sivitas akademika (tulisan kependidikan dan penelitian). sedangkan, tulisan informatif adalah tulisan yang tujuan utamanya memberikan informasi sebuah peristiwa atau kejadian (laporan).
            Penggolongan tulisan berdasarkan rumpun merupakan pecahan dari menururut jenis yaitu: tulisan ilmiah yang meliputi tulisan kependidikan dan tulisan penelitian; tulisan informative yang meliputi kisah, laporan, ringkasan, ulasan dan artikel; prosa yang meliputi novel, cerpen, fiksi ilmu dan drama; dan puisi yang meliputi lirik, epic dan dramatik.
            Penggolongan tulisan berdasarkan  macam juga merupakan pecahan dari menurut rumpun yaitu: tulisan kependidikan yang meliputi tusan kesarjanaan, didaktik dan referensial; dan tulisan penelitian yang meliputi artikel jurnal ilmiah, makalah seminar dan naskah penelitian.





DAFTAR PUSTAKA
Nurudin. 2010. Dasar-dasar Kepenulisan. Malang: UMM Press.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar